18 June 2015

Makanan Sahur Agar Kuat Berpuasa



Setiap berpuasa pastinya akan lebih baik jika kita bersahur. Gunanya sahur adalah pembeda dengan puasanya umat yang lain. Selain itu juga sahur sebagai asupan nutrisi dan energi untuk menghadapi puasa hingga sore hari memasuki waktu maghrib. Agar sahur bisa menjadi lebih maksimal, maka kita harus makan sayur dengan bahan makanan yang bisa membuat kita lebih tahan lama. Maka bahan makanan tersebut harus lebih banyak mengandung serat, gula kompleks, dan protein.

Ketiga kandungan tersebut menjadi penting untuk menunjang makan sahur anda, komponen serat, gula kompleks dan protein bisa membuat sahur anda lebih tahan lama kenyang di dalam perut. Pada kebiasaan diet, komponen serat dan protein bisa membuat kenyang lebih tahan lama sehingga bisa mengurangi proses makan.

Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman sehat yang bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai menu makan sahur agar Anda kuat puasa seharian penuh sampai waktu berbuka puasa tiba.

1. Sayur-sayuran
Berbagai jenis sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang panjang kaya akan serat. Serat tergolong dalam karbohidrat kompleks yang sulit dicerna oleh tubuh, namun demikian sangat penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Sebagai menu santapan untuk sahur, Anda bisa menjadikan sayur-sayuran tersebut sebagai lalap, direbus, dikukus, atau bisa juga ditumis.

2. Buah-buahan
Sisakan waktu yang tersisa sebelum imsak untuk mengonsumsi buah-buahan. Serat yang terkandung dalam buah tidak bisa dicerna sehingga mampu merangsang lambung bekerja lebih lama menghancurkan makanan. Semakin lama makanan berada di lambung, semakin lama juga perasaan kenyang yang ditimbulkan. Anda bisa mencoba buah-buahan seperti pisang, apel, dan pir untuk sahur.

3. Daging sapi rendah lemak
Menurut hasil penelitian terkini, diet tinggi protein dan rendah lemak bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Anda bisa mengolah daging sapi yang telah dibuang lemaknya menjadi santapan sahur yang lezat.

4. Ikan
Ikan kaya akan protein sehingga cocok untuk lauk sahur. Sebaiknya ikan jangan digoreng karena akan menambah lemak. Anda bisa mengolah ikan dengan dipepes atau dibuat sup sebagai cara penyajian ikan yang lebih sehat.

5. Susu kedelai
Jika Anda tidak sempat bersantap sahur dengan makanan lengkap, Anda bisa minum susu kedelai. Protein yang ada dalam susu kedelai cukup tinggi, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6. Sari kacang hijau
Sari kacang hijau juga tinggi kandungan proteinnya. Selama bulan puasa, sediakan selalu sari kacang hijau siap minum di kulkas. Jika sewaktu-waktu Anda bangun ternyata sudah menjelang imsak, Anda bisa meneguk nikmatnya minuman sari kacang hijau dan Anda pun akan kuat menahan lapar hingga azan magrib berkumandang.

7. Madu dan Kurma
Minumlah madu 2 sendok makan dan 3 butir kurma setiap selesai makan sahur, Kurma dan Madu mengandung kalori cukup tinggi dan bisa memberi energi yang cukup untuk beraktivitas. Karena karbohidratnya kompleks madu dan kurma dipercaya bisa memberikan energi yang lebih tahan lama dan juga baik untuk kesehatan.

8. Oats
Oats adalah jenis serelia yang juga banyak dikonsumsi oleh manusia. Bijian yang kaya akan serat dan juga sebagai karbohidrats kompleks sehingga bisa memberikan energi yang lebih tahan lama. Selain itu bisa membantu mengurangi kolesterol Anda.

9. Sup
Sup tidak hanya cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa, namun saat sahur sup dapat menjadi pilihan makanan yang mengenyangkan. Berbagai sayuran dan kandungan cairan yang terdapat di dalamnya membuat Anda kenyang tahan lama.

10. Kentang 
Kentang memang dikenal sebagai makanan yang mengenyangkan. Anda dapat menikmati makanan ini dengan memodivikasinya bersama makanan lain. Namun, untuk mendapatkan nutrisi penuh, cobalah untuk menggorengnya dan nikmati bersama dengan kulitnya.

11. Telur
Telur dikenal dengan proteinnya yang tinggi. Selain itu, ternyata telur juga membuat awet kenyang. Sebuah penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles membuktikan bahwa orang-orang dengan berat badan lebih dan membuat telur sebagai menu sarapannya, cenderung lebih bisa menahan lapar.

12. Buncis
Dalam setiap porsinya, buncis mengandung protein, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi buncis sangat dianjurkan, karena sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat meningkatkan nafsu makan. Tidak hanya membuat awet kenyang, namun dengan seratnya yang tidak larut, buncis mampu menurunkan kolesterol.

13. Pasta
Siapa yang tidak kenal dengan pasta, makanan olahan ala italia yang sangat nikmat dan popular. Pasta yang kaya akan serat dan protein, membuat perut awet kenyang. Bahkan, pasta gandum juga membantu pembentukan otot tubuh.



Sumber: dari berbagai sumber.

1 comment:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada nyi atas bantuannya saya bisa menang togel,
    saya benar2 tidak percaya angka ny kasi dan hampir pinsang karna angka yang di berikan nyi ternyata.
    tembus.
    awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di propensi sumatra dan.
    tidak ada onkos pulang,
    mulanya saya ragu tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin 100lembar dan.
    ALHAMDULILLAH berhasil,
    sekali lagi makasih banyak yaa nyi… dan saya tidak akan lupa bantuan.
    dan budi baik Nyi Reksosaraswati,
    bagi anda yang ingin seperti saya.
    silahkan HBG/SMS 082 322 216 958
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    INGAT…kesempatan tidak akan datang untuk ke 2 kalinya…!

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *